8 Cara Merawat Tanaman Hias Dalam Pot

Posted on

8 Cara Merawat Tanaman Hias Dalam Pot

Agar tanaman hias bisa selalu tumbuh subur maka harus di rawat secara baik, selain itu anda juga perlu membedakan tanaman mana yang memerlukan banyak air dan yang tidak.

Berikut ini adalah beberapa cara merawat tanaman hias dalam pot yang bisa anda lakukan dengan mudah di rumah.

1.Menyiram

Pot tanaman memiliki lubang pada bagian dasarnya yang berguna supaya air tidak menggenang, saat menyiram tanaman lakukan secukupnya saja dan jika air sudah keluar dari bawah pot, berarti kebutuhan air sudah cukup.

2.Jaga kelembapan

Beberapa tanaman butuh tingkat kelembapan tinggi, periksa tanaman anda dan pastikan tidak ada bintik coklat pada daun, jika terdapat bintik coklat makan anda harus meningkatkan kelembapan udara di sekitar tanaman.

3.Kesuburan

Tanaman juga butuh senyawa organik untuk asupan makanan, berikan pupuk kompos atau organik setidaknya 3 bulan sekali sehingga media tanam selalu mempunyai tingkat keasaman yang normal.

4.Jaga kebersihan

Bersihkan juga tanaman dalam pot dari berbagai hama seperti ulat, semut, rayap serta kumbang supaya tanaman tetap tumbuh dengan subur.

5.Pencahayaan

Tanaman tidak selalu membutuhkan banyak cahaya dan sebagian lagi sangat membutuhkan cahaya, oleh karena itu usahakan untuk mengeluarkan pot tanaman yang membutuhkan cahaya sebentar saja supaya bisa memperoleh sinar matahari yang cukup.

6.Pangkas secara rutin

Pemangkasan tanaman pot diperlukan agar tanaman bisa selalu tumbuh dengan subur, pangkas secara rutin bagian tanaman yang kering, rusak ataupun mati.

7.Pupuk dengan rutin

Pupuk yang paling bagus untuk tanaman hias dalam pot adalah pupuk organik, anda bisa menggunakan sampah daun atau kotoran ternak seperti ayam sekitar 3 bulan 1 kali.

8.Tata dengan rapi

Supaya tanaman hias dalam pot selalu terlihat indah, maka atur pot tanaman dari yang paling pendek berada di depan sampai yang paling tinggi berada di belakang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *