Tips Mengatasi Kebocoran Pada Atap

Posted on

Tips Mengatasi Kebocoran Pada Atap

Kebocoran pada atap sudah menjadi masalah umum dalam keseharian kita, terutama saat awal musim hujan. Hal ini kalau dibiarkan berlarut-larut akan merusak interior rumah anda. Diantaranya selain bisa menyebabkan plafon njamur atau rusak, furniture atau barang yang didalam rumah lambat laun akan rusak karena terus menerus terkena tetesan dari atap yang bocor. Saya sarankan supaya kebocoran atap tersebut segera diatasi.

Hal-hal yang seringkali menyebabkan kebocoran, diantaranya:
1. Model atap yang terlalu landai

Kemiringan atap yang modelnya landai akan menyebabkan air tidak tercurah dengan cepat. Hal ini menyebabkan air tergenang dan mengisi ruang-ruang kosong sehingga menyebabkan kebocoran. Biasanya tukang bangunan mempunyai perhitunan sendiri, mereka menggunakan kemiringan 30-40 derajat supaya air bisa tercurah dengan cepat.

2. Pemasangan tutup atap yang kurang sempurna
pada setiap genteng mempunyai pengunci supaya terkait antara satu dengan yang lain dan supaya tidak ada celah yang menyebabkan kebocoran.

3. Terdapat celah pada bumbungan atap
keretakan pada bumbungan atap sangat dipengaruhi dengan campuran semen dan pasir tidak berimbang. Karena perubahan cuaca sehingga membuat campuran semen dan pasir yang tidak berimbang menjadi rapuh.

4. Terdapat sampah pada atap
Supaya terhindar dari kebocoran dan model atau kondisi atap masih baik atau tidak ada masalah seperti paparan diatas maka supaya menjaga kebersihan atap. Terutama posisi rumah yang dekat dengan kebun yang disekitarnya terdapat pohon-pohon yang lebih tinggi dari rumah anda sebaiknya menjaga kebersihan atap dengan extra. Perlu diperhatikan lubang-lubang talang tidak tersumbat dengan sampah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *